I-4 Talks: Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia

Kegiatan I-4 Talks bertajuk “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” ini bertujuan untuk membahas bagaimana ilmuwan diaspora bisa bersinergi dengan beragam stakeholder di Indonesia untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia. 

I-4 Talks dilaksanakan dengan bekerja sama dengan PPI Dunia dan akan mengundang berbagai ilmuwan diaspora sebagai pembicara. Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap hari Sabtu pukul 20:00 WIB mulai minggu kedua bulan Januari s.d. minggu terakhir bulan Maret 2019. I-4 Talks ini dilakukan melalui channel YouTube di @media_i4 dan juga PPI TV. 

Episode Perdana

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” perdana dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Januari 2019 dan menampilkan Dr. Taifo Mahmud, Dr. Muhammad Aziz, dan Dr. Dani Harmanto. I-4 Talks perdana ini dimoderatori oleh Ketua Umum I-4 2018-2020 Dr. Deden Rukmana.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 12 Januari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan singkat dari rekaman ini telah disiapkan oleh Erwin Fajar dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini. Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Kedua

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-2 dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 Januari 2019 dan menampilkan Dr. Akbar Rhamdhani, Dr. Bagus Muljadi, dan Dr. Dani Harmanto. I-4 Talks episode ke-2 ini dimoderatori oleh Koordinator PPI Dunia 2018-2019 Fadjar Mulya.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 19 Januari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Etika Sukma Adiyanti dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.  Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ketiga

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ketiga dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Januari 2019 dan menampilkan Dr. Oki Muraza, Dr. Agus Sasmito, dan Dr. Sastia Prama Putri. I-4 Talks episode ketiga ini dimoderatori oleh Managing Director I-4 Kawasan Asia Timur Dr. Muhammad Aziz.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 26 Januari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Ilham Maulidin dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.  Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Keempat

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode keempat dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Februari 2019 dan menampilkan Dr. Zulfan Tadjoeddin, Dr. Vedi Hadiz, dan Dr. Siti Kusujiarti. I-4 Talks episode keempat ini dimoderatori oleh Hadied Safarayuza, Ketua Komisi Ekonomi PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 2 Februari ini dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Fauzi Yusupandi dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.   Materi presentasi yang disampaikan oleh Dr. Siti Kusujiarti dapat diunduh melalui link ini.

Episode Kelima

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode kelima dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Februari 2019 dan menampilkan Dr. Justinus A. Satrio, Dr. Afriyanti Sumboja, dan Dr. Davin Setiamarga. I-4 Talks episode kelima ini dimoderatori oleh Aldani Putri Wijayanti, Komisi Kesehatan PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 9 Februari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Nurbaiti dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini. Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ke-enam

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-enam dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 dan menampilkan Dr. Teruna J. Siahaan, Dr. Beben Benyamin, dan Cortino Sukotjo, DDS, PhD. I-4 Talks episode ke-enam ini dimoderatori oleh Nindya Kartika Desyanasari, PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 16 Februari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Erwin Fajar dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini. Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ketujuh

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ketujuh dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 dan menampilkan Dr. Halim Kusumaatmaja, Dr. Taufiq Asyhari, dan Dr. Erry Yulian Adesta. I-4 Talks episode ketujuh ini dimoderatori oleh Ahmad Rizky M. Umar, Kepala Pusat Kajian & Gerakan PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 23 Februari tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Etika Sukma Adiyanti dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini. Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ke-delapan

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-delapan dilaksanakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2019 dan menampilkan Dr. Muhammad Roil Bilad, Dr. Irwanda Laory, dan Dr.-Ing. Azhar Zam. I-4 Talks episode ke-delapan ini dimoderatori oleh Jeanne Svensky Ligte, Wakil Koordinator PPI Dunia Kawasan Amerika-Eropa.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 2 Maret tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Ilham Maulidin dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini. Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ke-sembilan

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-sembilan dilaksanakan pada hari Sabtu, 9 Maret 2019 dan menampilkan Dr. Lydia Helena Wong, Dr. Boya Nugraha, dan Dr. Mulyoto Pengestu. I-4 Talks episode ke-sembilan ini dimoderatori oleh Rachmad Adi Riyanto, Wakil I Pusat Kajian dan Gerakan PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 9 Maret tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Fauzi Yusupandi dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.  Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ke-sepuluh

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-sepuluh dilaksanakan pada hari Sabtu, 16 Maret 2019 dan menampilkan Dr. Satria Zulkarnaen Bisri, Dr. Stevin Snellius Pramana, dan Dr. Kiki Adi Kurnia. I-4 Talks episode ke-sepuluh ini dimoderatori oleh Bening Tirta Muhammad, PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 16 Maret tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Nurbaiti dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.  Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Ke-sebelas

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode ke-sebelas dilaksanakan pada hari Sabtu, 23 Maret 2019 dan menampilkan Dr. Sumarsam, Dr. R. Dwi Susanto, dan Dr. Etin Anwar. I-4 Talks episode ke-sebelas ini dimoderatori oleh Imawati Harun Ruhyana, Kepala Kantor Komunikasi PPI Dunia.

Rekaman I-4 pada hari Sabtu, 23 Maret tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Laporan dari rekaman ini telah disiapkan oleh Erwin Hasrianda dari Divisi Grafik dan Multimedia I-4 seperti dapat dibaca di link ini.  Sementara materi presentasi yang disampaikan oleh ketiga pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.

Episode Kedua belas

I-4 Talks “Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia” episode kedua belas atau episode terakhir dilaksanakan pada hari Sabtu, 30 Maret 2019 dan menampilkan 4 pemateri yaitu Dr.-Ing. Hutomo Suryo Wasisto, Dr. Anton Satrio Prabuwono, Dr. Juliana Sutanto dan Dr. Anto Mohsin. I-4 Talks episode kedua belas ini dimoderatori oleh Angga Fauzan, PPI Dunia.

Rekaman I-4 Talk Sinergi Ilmuwan Diaspora untuk Kemajuan Indonesia edisi terakhir pada hari Sabtu, 30 Maret tersebut dapat dilihat pada YouTube channel @media_i4 ini. Materi presentasi yang disampaikan oleh ke-empat pembicara tersebut dapat diunduh melalui link berikut ini.