Jum’at,(28/2) telah berlangsung kegiatan I-4 workshop on scientific writing dengan tema “Kiat Sukses Publikasi di Jurnal Ilmiah Bereputasi Dunia”. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional untuk anggota Reward Program dibawah kepemimpinan Dr. Muhammad Aziz di periode 2020-2022. Kegiatan ini berlangsung di Gedung CRCS lantai 7, Institut Teknologi Bandung. Kegiatan ini berlangsung dari 8.50-11.30 WIB.

Adapun materi yang disampaikan di kegiatan ini diisi oleh pakar yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, yakni  Prof. Edy Soewono selaku
Dosen Matematika ITB dan Koordinator ITB Journal yang mengisi materi dengan tema “The importance of scientific publishing”. Selanjutnya materi dengan tema “How to handle data and prepare them for publication” yang diisi oleh Dr. rer. nat. Rino Mukti selaku Dosen Kimia ITB sekaligus Managing Director I-4 Indonesia. Materi berikutnya adalah “Scientific correspondency: how to communicate with journal editors and reviewers” yang diisi oleh Dosen Biologi IPB, Dr. Berry Juliandi yang juga aktif sebagai Editor in Chief Jurnal Hayati of Biosciences (Q2). Selain itu kegiatan ini juga membahas mengenai “Designing Experiment” yang diisi oleh Dosen Bioteknologi Osaka University sekaligus Sekretaris Jenderal I-4, Dr. Sastia Prama Putri. Acara ini disambut antusias oleh sekitar 50 peserta yang didominasi oleh Mahasiswa pascasarjana dan akademisi/peneliti.

Dokumentasi Materi “How to handle data and prepare them for publication” (Pemaparan oleh Dr. rer. nat. Rino Mukti)

Dokumentasi Materi “Scientific correspondency: how to communicate with journal editors and reviewers” (pemaparan oleh Dr. Berry Juliandi)

Dokumentasi Materi “The importance of scientific publishing” (pemaparan oleh Prof. Edy Soewono)

Dokumentasi Materi “Designing Experiment” (pemaparan oleh Dr. Sastia Prama Putri)


Dokumentasi keakraban anggota reward program I-4 dengan para pemateri dan panitia.

Kegiatan ini tentu menjadi langkah awal untuk membangun semangat para Anggota dan Pengurus I-4 di awal tahun 2020. Semoga akan lebih banyak kegiatan I-4 berikutnya.