Diskusi Nasional World Class Research

Diskusi Nasional World Class Research

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan mengadakan diskusi nasional berjudul “World Class Research menuju World Class University and World Class Research Institute pada tanggal 14-15 Mei 2018 di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta. Diskusi tersebut dihadiri oleh para Direktur dan Sekretaris LPPM dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia bertujuan untuk mencari masukan untuk menjadikan perguruan tinggi serta lembaga penelitian dan pengembangan di Indonesia sebagai World Class University dan World Class Research Institute.

Dirjen Dr. M. Dimyati dan Ketum I-4 Dr. Deden Rukmana berfoto dengan para peserta diakhir acara.

Dalam Diskusi Nasional tersebut, Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Dr. M. Dimyati, memberikan kesempatan kepada Ketum I-4 Periode 2018-2020, Dr. Deden Rukmana untuk memberikan pemaparan kepada para peserta tentang visi dan misi organisasi Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) kepada para peserta. Dalam pemaparannya, Dr. Deden Rukmana menyampaikan bahwa ilmuwan diaspora Indonesia di berbagai belahan dunia adalah komponen bangsa yang ingin ikut berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan SDM Indonesia khususnya pendidikan tinggi di Indonesia.

Ketum I-4 memberikan penjelasan tentang visi dan misi I-4 kepada para peserta

Saat ini I-4 tengah melakukan pendataan para ilmuwan Indonesia yang bekerja di universitas dan lembaga riset di berbagai belahan dunia termasuk Amerika Serikat, Kanada, Eropa, Jepang dan Asia Timur, Timur Tengah, Singapore, Malaysia, dan Australia. Database para ilmuwan diaspora Indonesia tersebut selanjutnya akan disinergikan dengan kebutuhan yang diajukan oleh berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan SDM riset di Indonesia.

Dirjen Dr. M. Dimyati ketika menutup dengan resmi acara Diskusi Nasional World Class Research toward World Class University and World Class Research Institution

Dalam penutupan Diskusi Nasional tersebut, Dirjen Dr. M. Dimyati menyambut baik ajakan I-4 tersebut. Kemenristekdikti saat ini telah memiliki database dosen PTN/PTS di Indonesia yang bisa disinergikan dengan potensi ilmuwan diaspora Indonesia. Diharapkan dalam waktu yang tidak terlalu lama, I-4 dapat memaksimalkan potensi ilmuwan diaspora Indonesia untuk lebih berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan SDM Indonesia.

Categories: I-4 dalam Berita