Forum breadcrumbs - You are here:ForumExample Category: First ForumHome
Please or Register to create posts and topics.

Home

[siteorigin_widget class="Solicitor_News_Ticker_Widget"][/siteorigin_widget]
[siteorigin_widget class="Solicitor_Spacer_Widget"][/siteorigin_widget]

Muhammad Aziz, Dr. Eng.

Kata Pengantar dari Ketua Umum I-4 Periode 220-2022

 

 

Muhammad Aziz, Dr. Eng.

Associate Professor

Institute of Industrial Science, The University of Tokyo, Tokyo, Japan

 

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semuanya,

Pertama, kami ucapkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas segala rahmat dan kasih sayang-Nya kepada kita semuanya. Sangat penting bagi kita semuanya untuk selalu memahami tanggung jawab kita sebagai mahluk untuk selalu bermanfaat secara optimal bagi kita semuanya dan sekitarnya.

 

Kedua, Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) merupakan sebuah wadah bersama yang bervisi untuk menciptakan dan mengoptimalkan kerjasama yang timbal-balik (mutual) dan selaras (sinergis) antara ilmuwan diaspora, ilmuwan dalam negeri, dan juga semua entitas terkait. Oleh karena itu, kami sangat berharap agar I-4 dan juga semua ilmuwan diaspora dapat diakses oleh semua pihak terkait, terutama ilmuwan dalam negeri, sehingga muncul komunikasi dua arah yang aktif antara ilmuwan dalam negeri dan diaspora. Kami berharap bahwa kita bersama bisa saling membantu memperkuat jejaring sinergi antara ilmuwan Indonesia, baik ilmuwan diaspora dan dalam negeri, dengan institusi dan industri baik di dalam dan luar negeri.

 

Begitu pula, kami meminta kepada rekan-rekan ilmuwan diaspora semuanya untuk dapat selalu terbuka membuka pintu kerjasama yang mutual dan sinergis, seiring dengan usaha untuk selalu meningkatkan performance dan achievements nya di bidang masing-masing. Selanjutnya, kami berharap kepada rekan-rekan ilmuwan diaspora untuk dapat memanfaatkan segala sumber daya yang dimilikinya untuk membantu dan mendukung aktivitas penelitian dan pengajaran di Indonesia. Tentunya hal ini dilakukan dalam koridor kerjasama yang saling mendukung, saling menguntungkan (mutual), dan memajukan secara bersama semua pihak yang terkait (capacity building). Juga sangat penting bagi kita untuk bisa bekerjasama guna meningkatkan dan memperkuat sumber daya yang dibutuhkan dalam penelitian dan pengajaran melalui proses berbagi pengetahuan dan pengalaman (mentoring) yang disesuaikan dengan norma dan nilai yang ada di Indonesia.

 

Kami menyadari bahwa tanggung jawab kita sebagai ilmuwan (baik ilmuwan dalam negeri maupun diaspora) adalah sangat besar. Oleh karena itu, sangat diperlukan adanya saling pengertian, saling memotivasi dan kerjasama positif yang nyata.

 

Demikian dan terimakasih,

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Muhammad Aziz
The University of Tokyo

[siteorigin_widget class="Solicitor_Spacer_Widget"][/siteorigin_widget]
Buku I-4

Kisah 25 Ilmuwan Indonesia yang Mendunia

Buku I-4Mengisahkan tentang perjuangan Ilmuwan Indonesia yang berkiprah di luar negeri dengan latar belakang berbagai ilmu. Buku 25 Kisah Ilmuwan Indonesia yang Mendunia ini menggambarkan bagaimana cara mereka mengatasi berbagai kesulitan hidup dan belajar, berkarir hingga berkeluarga di berbagai negara seperti Amerika, Belanda, Inggris, Jerman, Jepang, Australia, Malaysia, serta masih banyak lainnya. Ditulis oleh 25 mahasiswa terpilih dari berbagai universitas terkemuka yang dimentori oleh tim penulis I-4, buku ini diharapkan mampu memberi inspirasi dan semangat kepada generasi muda Indonesia untuk bermimpi dan berusaha sebaik-baiknya meraih impian mereka dalam pendidikan ke luar negeri setinggi-tingginya, dan pada akhirnya memberi kemajuan bagi Indonesia.

[imic_button colour="btn-default" type="enabled" link="#" target="_self" extraclass="btn btn-primary btn-ghost btn-dark pull-right" size="btn-lg"]JOIN OUR TEAM[/imic_button]

Meet the talent

Our Team

[siteorigin_widget class="Solicitor_Team_Widget"][/siteorigin_widget]
[siteorigin_widget class="Solicitor_Spacer_Widget"][/siteorigin_widget]