Profil Organisasi

Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional

Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I‑4) merupakan sebuah wadah bersama yang memiliki visi untuk menciptakan dan mengoptimalkan kerjasama yang timbal-balik (mutual) dan selaras (sinergis) antara ilmuwan diaspora, ilmuwan dalam negeri, dan juga semua entitas terkait. Oleh karena itu, kami sangat berharap agar I‑4 dan juga semua ilmuwan diaspora dapat diakses oleh semua pihak terkait, terutama ilmuwan dalam negeri, sehingga muncul komunikasi dua arah yang aktif antara ilmuwan dalam negeri dan diaspora. Kami berharap bahwa kita bersama bisa saling membantu memperkuat jejaring sinergi antara ilmuwan Indonesia, baik ilmuwan diaspora dan dalam negeri, dengan institusi dan industri baik di dalam dan luar negeri.

Peserta Simposium Internasional PPI Dunia (Den Haag, 3 – 5 Juli 2009)

I-4, dideklarasikan sebagai salah satu hasil dari Simposium Internasional PPI dunia di Den Haag pada tanggal 3 – 5 Juli 2009. Organisasi ini diharapkan dapat menjadi cikal bakal penegasan kembali pentingnya jaringan internasional yang menghubungkan putra-putri terbaik bangsa, yang sedang berdomisili di luar negeri.

Kelahiran I-4 ini mendapat sambutan dan dukungan sangat positif dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (waktu itu Depdiknas) melalui Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. Beberapa bulan setelah dideklarasikan, pada bulan Oktober 2009, I-4 diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan waktu itu, Bapak M. Nuh, di Jakarta.

Dalam perkembangan selanjutnya, I-4 didaftarkan sebagai sebuah organisasi nirlaba yang berbadan hukum di Indonesia berdasarkan  Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor AHU-04131.50.10.2014 tanggal 22 Juli 2014.

Salam Ilmuwan Indonesia untuk Dunia!

DARI DIASPORA UNTUK INDONESIA

Sebuah kebanggaan atas pencapaian yang telah dilakukan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional dibawah kepengurusan Prof. Deden Rukmana. Banyak hal yang telah dilakukan dan diperjuangkan bersama Diaspora Indonesia, pemerintah, dan seluruh stakeholder untuk memajukan pendidikan dan riset Teknologi Indonesia. Ini adalah langkah awal yang tentu akan terus diperjuangkan bersama.

KONTAK KAMI