REWARD PROGRAM

IKATAN ILMUWAN INDONESIA INTERNASIONAL

Reward Program merupakan pemberian reward/benefit berupa hak istimewa kepada Anggota Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional (I-4) yang telah membayar dana keanggotaan. Landasan pelaksanaan Reward Program, antara lain :
1) Sesuai dengan Pasal 11 ayat (1) AD/ART, keanggotaan Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional tidak dibebani iuran wajib.
2) Anggota yang berkontribusi dana keanggotaan berhak mengikuti Reward Program.
3) Anggota yang tidak berkontribusi dana keanggotaan tetap memiliki akses terhadap informasi kegiatan-kegiatan I-4 yang disampaikan melalui mailing list, e-mail blast, website dan media-media lainnya.
4) Anggota dapat mengikuti Reward Program setelah memberikan kontribusi dana keanggotaan dengan batas waktu selama dana keanggotaan berlaku dalam periode 1 tahun (1 Januari – 31 Desember setiap tahunnya) dan tidak bergantung dari tanggal bergabung Reward Program. Anggota yang membayar dana keanggotaan dan mengikuti Reward Program memiliki akses penuh terhadap semua kegiatan-kegiatan (benefit program) yang dilakukan oleh I-4 sesuai dengan ketentuan yang berlaku, di antaranya meliputi beberapa hal di bawah ini :


1) Memiliki hak memilih dan dipilih dalam Musyawarah Internasional dan Musyawarah Internasional Luar Biasa.

2) Mendapatkan kesempatan seluas-luasnya dengan bantuan I-4 untuk matchmaking antara Ilmuwan Diaspora dengan Ilmuwan Dalam Negeri untuk kolaborasi riset & publikasi jurnal internasional.


3) Memiliki kesempatan penuh untuk bergabung dalam kegiatan-kegiatan kerjasama I-4 dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non-pemerintah di Indonesia dan di luar Indonesia untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia sebagaimana tercantum dalam kalender kegiatan I-4.


4) Memiliki kesempatan untuk berpartisipasi aktif dalam mentoring dan coaching program yang diberikan langsung oleh diaspora dalam I-4.


5) Mendapatkan discounted fee untuk mengikuti kegiatan berbayar baik yang dilaksanakan oleh Pengurus I-4 maupun kegiatan yang diadakan atas kerjasama I-4 dengan organisasi dan instansi
lain.

Adapun ketentuan Reward Program yang dapat diikuti oleh setiap Anggota mengacu pada Surat Keputusan Ketua Umum Ikatan Ilmuwan Indonesia Internasional No. 031/I4/KU/2019/10/2 yang dikeluarkan pada tanggal 2 Oktober 2019 dengan rincian sebagaimana berikut:


1) Reward Program hanya dapat diikuti oleh Anggota yang telah terdaftar dan terverifikasi secara resmi dalam keanggotaan I-4 dan telah memiliki nomor anggota serta username dan password untuk dapat mengakses laman khusus Anggota.
2) Anggota yang dapat mengikuti Reward Program terbagi dalam tiga kategori di bawah ini:
a) Anggota biasa : Ilmuwan Indonesia yang berdomisili di dalam dan luar negeri dan telah selesai menempuh pendidikan tinggi setingkat program doktor.
b) Anggota madya : Ilmuwan Indonesia yang berdomisili di dalam dan luar negeri dan telah selesai menempuh pendidikan tinggi setingkat program master.
c) Anggota muda : Ilmuwan Indonesia yang berdomisili di dalam dan luar negeri dan telah selesai menempuh pendidikan tinggi setingkat program sarjana.
3) Besaran dana keanggotaan untuk masing-masing kategori anggota yang telah ditetapkan dalam musyawarah Dewan Pengurus adalah sebagai berikut :
a) Anggota biasa : USD 25 (setara dengan IDR 375,000)
b) Anggota madya : USD 10 (setara dengan IDR 150,000)
c) Anggota muda : USD 10 (setara dengan IDR 150,000)
4) Dana keanggotaan yang dibayarkan pada tahun 2020 akan berlaku sampai dengan tanggal 31 Desember 2020. Perpanjangan masa berlaku dana keanggotaan untuk tahun 2021 akan dilakukan mulai tanggal 1 Januari 2021.

5) Informasi selengkapnya mengenai kegiatan-kegiatan dan benefit program lainnya yang dapat diikuti oleh Anggota Reward Program akan diumumkan kemudian melalui seluruh media sosial I-4 dan kanal komunikasi khusus Anggota sesuai dengan waktu pelaksanaan setiap program.